Skip to content

Tata Nano mobil murah Rp 25 jutaan belum termasuk pajak produksi Tata Motor India

klik gambar untuk memperjelas

Tata Nano dirancang sebagai city car telah dilaunching oleh India dalam Auto Expo januari 2008 di Pragati Maidan India. Mobil termurah ini dibabdrol dengan harga $2.500 atau harganya Rp 24 jutaan, Belum termasuk VAT/LT/FCIT. Rencananya mobil ini akan dipasarkan juga di Indonesia. Pihak India juga sudah melobi Departemen Perindustrian untuk merundingkannya. Mungkin ini akan menjadi Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.

Technical Specifications Tata Nano adalah sbb:
Engine:
2 cylinder petrol with Bosch multi-point fuel injection (single injector) all aluminium 623 cc (38 cu in)
2 valves per cylinder overhead camshaft
Compression ratio – 9.5:1
bore × stroke 73.5 × 73.5 mm
Power: 33 PS (33 hp/24 kW) @ 5500 rpm
Torque: 48 N·m (35 ft·lbf) @ 2500 rpm
Rear wheel drive, 4-speed manual transmission
Steering – mechanical rack and pinion

Performance (Manufacturer Claims)
Acceleration: 0-70 km/h (43 mph): 14 seconds
Maximum speed: 105 km/h (65 mph)
Fuel economy (combined City + Highway): 20 kilometres per liter (5 L/100 km, 47 US mpg, 56 UK mpg)

Body and dimensions

Rear of Tata Nano in YellowSeat belt: 2
Trunk capacity: 150 L (5.3 cu ft)

Red Tata Nano : Standard Model
Suspension, tires and brakes
Front brake: disc
Rear brake: drum
Front track: 1,325 mm (52.2 in)
Rear track: 1,315 mm (51.8 in)
Ground clearance: 180 mm (7.1 in)
Front suspension: McPherson strut with lower A arm
Rear suspension: Independent coil spring
12-inch wheels

Wahh jadi ingin beli nich……..nabung dulu ahhh. Atau adik tercinta mau membantu :) canda. Model seperti xenia atau avansa tapi kelihatannya lebih kecil sedikit. Penampilan juga elegant bensinya irit 20 km menghabiskan 1 liter. Wahh klo di Indonesia harganya menjadi brapa yaa moga moga aja naiknya gak sampai banyak max lima juta lah….Untuk gambar 3 dimensi Tata Nano dapat didownload di sini

http://rapidshare.de/files/39995483/nano.rar.html

152 Comments

  1. encyNo Gravatar wrote:

    wah harganya murah banget lumayan buat keluarga kecil saya nich………..tolong diberitahu berita lebih lanjutnya ya (kapan sampai di indonesia dan jadi berapakah harganya yang penting jangan mahal-mahal ya) thanks

    Thursday, August 7, 2008 at 8:57 am | Permalink
  2. CidutNo Gravatar wrote:

    Ga sabar juga nih nunggu kehadiran tata nano di Indonesia, kebetulan memang lagi cari mobil. Dengan harga segitu daripada cari mobil second mending nunggu aja yach…mudah2an ga sampai 1 tahun…tx

    Sunday, August 24, 2008 at 1:59 am | Permalink
  3. nayonNo Gravatar wrote:

    Lebih baik nunggu tata nano, dari pada beli mbl second, masalah terus,,,, kapan ya kira – kira datangnya?

    Tuesday, October 7, 2008 at 4:55 am | Permalink
  4. nayonNo Gravatar wrote:

    Kapan nih mobil sampai ke Indo. Lebih baik beli tata nano dari pada mbl second, masalah terus.

    Tuesday, October 7, 2008 at 4:56 am | Permalink
  5. dirgaNo Gravatar wrote:

    Kalau bisa, pemerintah kita merespon dengan cepat. Agar kita dapat pakai mobil juga,kapan lagi,,,,,,,,,,,,,,,, punya mobil.

    Wednesday, October 15, 2008 at 1:26 am | Permalink
  6. amarNo Gravatar wrote:

    Harganya memang murah ya.. tapi kalau sering dibawa jalan jauh tahan ngak ya!

    Monday, October 20, 2008 at 1:58 am | Permalink
  7. aminNo Gravatar wrote:

    untuk sementara mobil tata nano masih dalam sengketa lahan di india. semoga cepet selesai biar cepat berproduksi

    Tuesday, October 21, 2008 at 4:07 am | Permalink
  8. ANNo Gravatar wrote:

    Aduuh udah Gak Tahan pengin punya nich. mudah-mudahan kebeli aah. dari pada naik motor. so pasti enakan mobil

    Tuesday, November 25, 2008 at 6:40 am | Permalink
  9. El HardiNo Gravatar wrote:

    kapan nyampai di indonesia y :)

    Wednesday, November 26, 2008 at 9:18 am | Permalink
  10. zamilNo Gravatar wrote:

    ayoo……………….. cepetan ke indon tatax

    Wednesday, December 3, 2008 at 7:02 am | Permalink
  11. mchNo Gravatar wrote:

    ayo……………………. bpk mentri industri di teken…………………. biar tata-nya lancar ke indo

    Wednesday, December 3, 2008 at 7:05 am | Permalink
  12. eslinNo Gravatar wrote:

    iya, cepetan dong kesini TataN, udah nggak kuat nich naek motor terus……………………..

    Saturday, December 6, 2008 at 1:11 am | Permalink
  13. liaNo Gravatar wrote:

    TATA. N…………… kapan ke indonesia…………………………………………………………………………………………………………………………………………………??????????????????????????????????????????????

    Tuesday, December 9, 2008 at 3:48 am | Permalink
  14. yusepNo Gravatar wrote:

    eh gimana cara dappetinnya

    Sunday, December 21, 2008 at 6:29 am | Permalink
  15. nilaNo Gravatar wrote:

    mauuuu ga rugi dah ga pke mkr daripada bwt bayar DP uang mobil yg mahal mending lgsg beli tata bs d kredit pula gyaaa mauu

    Saturday, January 3, 2009 at 11:36 am | Permalink
  16. Bung LassoeNo Gravatar wrote:

    Kapan neh….keluar……di tunggu di bandung……..

    Monday, January 19, 2009 at 10:51 pm | Permalink
  17. deneeNo Gravatar wrote:

    aduuuuh, lucu bangeds ni mobil, jd pengen
    cepetan donk proses ke indonesianya, pasti laris manis nih d pasaran

    Friday, January 23, 2009 at 9:15 pm | Permalink
  18. bamsNo Gravatar wrote:

    bagus juga ntuh……….., harga mobil 350 jt aja banyak yang beli 3 biji apa lagi yg harganya cuma segitu…….orang indonesia bisa beli sekodi n motor dah pasti ga laku buat yang punya keluarga. he………..he…….

    Sunday, February 1, 2009 at 4:01 am | Permalink
  19. coat_chreatNo Gravatar wrote:

    ni dah feb 2009.ko nda da tanda2 dateng ke indon ya?halo tata nano, halo pemerintah, dah pada nunggu neh…

    Tuesday, February 10, 2009 at 10:00 pm | Permalink
  20. drewNo Gravatar wrote:

    wah buruan nih udah gak sabaran pengen nyobaen mobil tat nano…….pokoknya ditunggu,…..

    Thursday, February 12, 2009 at 10:51 am | Permalink
  21. JeanneNo Gravatar wrote:

    kemaren g liat di TV, katanya bakal mulai dipasarin di Indonesia bulan April 2009..
    Huurrraaayyyyy!!!!! :)
    tapi, kalo showroomnya paling ada di Jakarta dulu ya?
    kalo orang Bandung mau beli gimana dong?
    semoga langsung dipasarin di daerah Bandung juga….
    ^_^

    Saturday, February 28, 2009 at 4:18 am | Permalink
  22. adiNo Gravatar wrote:

    wah seru banget ni,ketimbang beli mobil seken mending beli nano donk,lumanyan utk keluarga kecil.kapan masuk indonesia ya …………………….tolong di kabarin tx

    Monday, March 2, 2009 at 9:12 am | Permalink
  23. adiNo Gravatar wrote:

    mohon di peringankan peraturanya pak mentri industri,biar kami2 yang kelas bawah dapat merasakan bahagia punya mobil murah,habis yang indo punya kami ngak sanggub beli

    Monday, March 2, 2009 at 9:16 am | Permalink
  24. SusarwoNo Gravatar wrote:

    Saya naksir banget and saat ini juga saya nyatakan booking dech, udah nggak sabar nich

    Wednesday, March 4, 2009 at 6:30 am | Permalink
  25. dianggaNo Gravatar wrote:

    gua rela ngjual GL-Max tercinta buat bayar DP nya…
    tata nano ndang reneo

    Monday, March 9, 2009 at 9:56 am | Permalink
  26. tjakra wigunaNo Gravatar wrote:

    kapan dipasarkan di Indonesia ?????????????, mobil kota yang cocok untuk keluarga kecil, jika sudah masuk mau beli juga nih…

    Friday, March 13, 2009 at 12:50 pm | Permalink
  27. firmanNo Gravatar wrote:

    Buruan Tata ke Banjarmasin Ya. besok harus ada.ditunggu secepaatnya

    Friday, March 20, 2009 at 1:05 am | Permalink
  28. Abdullah HusinNo Gravatar wrote:

    Ngga tahan lagi nunggu di Banjarmasin, Balitra

    Friday, March 20, 2009 at 1:07 am | Permalink
  29. HumaidiNo Gravatar wrote:

    Martapura menunggu, besok harus ada di pasar martapura

    Friday, March 20, 2009 at 1:08 am | Permalink
  30. Abdullah HusinNo Gravatar wrote:

    Kapan di Banjarmasin

    Friday, March 20, 2009 at 1:11 am | Permalink
  31. Abdullah HusinNo Gravatar wrote:

    di tunggu tata secepatnya udah ngga tahan pingin punya tata,kalo bisa di banjarmasin dulu baru jakarta

    Friday, March 20, 2009 at 1:15 am | Permalink
  32. IbnuNo Gravatar wrote:

    Bismillaahirrohmaannirrohiim…………….
    Beli ga yach?
    Showroom-a di semarang mesti-a ada juga donk.
    Jadi kalo ada apa2a juga gampang n mudah.
    Bisa ga yach Indonesia memproduksi mobil yang semura itu?
    Kalo bisa lebih murah lagi.
    Ternyata kendaraan roda empat sekarang udah mendekati kebutuhan primier tuch.
    Kami doa kan semoga Indonesia bisa menyusul menjadi produsen mobil murah.
    Amin……………….
    Jangan2 Presiden yang baru di tahun 2009 bisa menunjukkan itu semua kepada masyarakat Indonesia.
    “Negara Berkembang?”
    “Negara Maju Donk”

    Tuesday, March 24, 2009 at 12:55 pm | Permalink
  33. orang desoNo Gravatar wrote:

    Tolong Pemerintah bisa merealisasikan hal ini. Masyarakat kita sudah semakin sengsara ditambah dengan adanya krisis global, harga mobil melonjak sebesar 20-30%. Inilah suatu kebijakan yang baik khususnya pengendara roda 2, bisa memilih yang lebih aman dan irit. tidak harus ugal2an lagi dijalan demi memburu waktu (lewat tol) atau ketika sedang kehujanan. Pemerintah jangan hanya sibuk memikirkan partai berilah solusi buat rakyat. Salam Hormat buat kita semua.

    Wednesday, March 25, 2009 at 1:18 pm | Permalink
  34. adrianNo Gravatar wrote:

    mobil murah pasti banyak yg beli tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii jalanan tambah macet, makanya pemerintah lg bingung kasih izinya!!!!!

    Friday, March 27, 2009 at 8:06 am | Permalink
  35. ottoNo Gravatar wrote:

    wahhhhh…. g beli 2 klo dah ad, tlg dicatet ya……… GPL lah datengnya….. tpi jgn pake inden aj males nunggunya….. txs

    Sunday, March 29, 2009 at 4:11 pm | Permalink
  36. AZWAR HAWARINo Gravatar wrote:

    TOLONG PEMERINTAH KASIANI RAKYAT YANG INGIN PUNYA MOBIL MURAH DAN BERKUALITAS. DENGAN ANGGARAN 30AN JUTA AJA. ADANYA TATA NANO SETIDAKNYA RAKYAT KITA HUJAN TIDAK KEHUJANAN PANAS TIDAK KEPANASAN.
    MUDAH MUDAHAN PEMERINTAH MEMPERMUDAH IJIN DAN MASUKNYA MOBIL INI.AMINNNNN

    Wednesday, April 1, 2009 at 11:56 am | Permalink
  37. BejoNo Gravatar wrote:

    di bogor dah muncul tuh dikoran promonya, ayo dong kasih info showroomnya?
    bagiku ini soslusi kemacetan dibogor yang terkenal \\"kota seribu angkot\\" ngkali?

    Thursday, April 2, 2009 at 2:12 am | Permalink
  38. zasaNo Gravatar wrote:

    pemerintah bukannya bingung kasih ijin, biasa… nunggu timing yg tepat buat dongkrak popularitas. maklum mau pemilu… he heheeee

    TTNN… pengeeeennnnnnnnnnnn

    Saturday, April 4, 2009 at 4:55 am | Permalink
  39. khatonNo Gravatar wrote:

    bagus dech… dengan harga segitu biasanya dapat motor doangan… kehujan kepanasan. tapi klo ini masuk ke indonesia… sangat sangat membantu bagi sebagian orang yang mengidamkan suatu alat transportasi yang murah, layak. saya liat… tata nano ini cukup layak untuk masyarakat ina, terutama bagi mereka yang biasa pakai motor beralih ke roda 4, dan untuk keluarga baru atau kecil yang punya anak 2. saya sangat mendukung kehadiran transport murah. dan jangan lupa juga ATPM memikirkan 3 atau 5 langkah kedepan.. artinya atpm tidak hanya memikirkan penjualan tapi harus memikirkan bengkel, spart part, garansi, jual beli dll. ini guna untuk kepercayaan konsumen itu sendiri kpada produk. kita trauma dgn motor-motor non jepang yg murah membanjiri ina.. tapi hanya seumur jagung. semoga tata nano ini bisa menjadi awal kesuksesan mobil-mobil murah di ina..

    Tuesday, April 7, 2009 at 12:58 pm | Permalink
  40. AriNo Gravatar wrote:

    semoga dapat terjangkau oleh kaum duafa, sehingga ga keujanan. naek motor terus kan capek……. cepet launcing di indonesia yyyyyy pokoke murah lah

    Wednesday, April 8, 2009 at 1:32 pm | Permalink
  41. yanukunNo Gravatar wrote:

    kurang setuju karna terlalu banyak resiko yang akan timbul dimasyarakat,belum lagi kesadaran masyarakat yg rendah,jalan yang jelek,keamanan yang belum teruji, kemacetan,dan dampak sosial lainnya.

    Saturday, April 11, 2009 at 4:22 am | Permalink
  42. lcbdgNo Gravatar wrote:

    iyalah…. pengen cepat-cepat ada dibandung mobilnya.
    udah greeget nih….

    Saturday, April 11, 2009 at 10:28 am | Permalink
  43. cozyNo Gravatar wrote:

    klu darisana 25 jtan, mpe sini bisa 45jtan… sami mawooon bro..

    Monday, April 13, 2009 at 4:10 am | Permalink
  44. hellmyNo Gravatar wrote:

    kayaknya kita gak bisa seneng dulu ,……….yang gw baca ntu mobil kalu masuk indonesia kena pajak PPn dan lain lain ,..jadi harga jualnya sekitar 55 juta,..gak murah lagi dong kalo segitu,………..ini namanya angin surga

    Monday, April 13, 2009 at 6:41 am | Permalink
  45. yenitaNo Gravatar wrote:

    tolong konfirmasi kalo udah sampe indonesia, khususnya pekanbaru,
    saya juga mau jadi distributornya.

    Thursday, April 16, 2009 at 8:33 am | Permalink
  46. yenitanitaNo Gravatar wrote:

    kasih info terus yach tentang TataN…….. Khusus nya harga net nya ampe indonesia khususnya ampe pekanbaru.thx..

    Thursday, April 16, 2009 at 8:53 am | Permalink
  47. wisnuNo Gravatar wrote:

    minta infonya kapan sampai di indonesia??
    Thanks

    Saturday, April 18, 2009 at 6:21 am | Permalink
  48. MujionoNo Gravatar wrote:

    Duh Tata, orang udah pada rindu kamu tapi kok nggak dateng2, ada yang menjegal kamu untuk masuk ya??? dasar syirik nggak bisa liat orang kecil senang………… apa alasannya om? merusak pasar ya!!! emang pasarnya sekarang kaga rusak…….. pasarnya bukan cuma rusak, tapi sudah dzolim….. beli kenyamanan hanya 100 tapi harus bayar diatas 200, oh nasib pajaknya digedein, toh nggak ngerti kemana larinya…..tobaaaaat

    Wednesday, April 22, 2009 at 7:16 am | Permalink
  49. mamankthomasNo Gravatar wrote:

    assl wr wb….crita asalnya kenapa tata nano di bikin adalah karena yg punya tata nya sering liat orang india ama keluarganya naik motor ampe ber4 ibu bapak dan 2 anak itu makanya dia berniat tuk bikin mobil murah dan berqualitas…dan aku setuju banget liat aja di indonesia kitas ering liat yg naik motor ampe ber4…semoga di mudahkan ALLAH masuk ke indonesianya….biar yg kurang mampu juga bisa meisa bepergian dng kendaraan yg layak bersama keluarganya…..

    Thursday, April 23, 2009 at 2:48 pm | Permalink
  50. EffiNo Gravatar wrote:

    kapan dong launchingnya diindonesia…
    kalo masuk indonesia,pajaknya jgn mahal2 ya..biar harganya ga tambah mahal.
    info ya,kalo udah ada mobil TATA NANO ini diindonesia.
    o..ya,kalo udah ada diindonesia…kira-kira bisa kredit ga?
    kan kasian yg pengen pny mobil ini,tapi uangnya ga cukup…

    Monday, April 27, 2009 at 8:41 am | Permalink
  51. hanoman obongNo Gravatar wrote:

    dari pada pake CBR / NINJA , wah tata nano mang murah buanget cing ga kepanasan ga kehujanan modelnya ga kalah ama suzuki karimun n kia visto loh tapi dengan 693 cc almunium apa ga ke sabet tuh kalo keluar kota papasan / di salip bus/truck ? n apa bisa nyalip yah…… Oya dari India 25 juta sampai di sini berapa ya bung…………….? wah bisa-bisa harganya 2x lipatnya ya alias 50 jutaan kan di Indonesia ladangnya KORUPSI ya………….. sama aja donk klo gitu ama mbl jepang yang udah teruji segalanya ya ……………… wah kita tunggu aja deh peluncurannya ke INDONESIA tanah kelahiran kita deh………..

    Monday, April 27, 2009 at 4:06 pm | Permalink
  52. didtaNo Gravatar wrote:

    KAPAN K INDOOO… SEMARANKKKKKK,,, NUNGGU NI NUNGGUU…

    Wednesday, April 29, 2009 at 12:40 pm | Permalink
  53. Gus MustNo Gravatar wrote:

    jangan lupa juga…siap2 jalan2 diperlebar utk menampung Tata nano….,
    Klo jalan msh tetep dijamin macet….cet….., lha gmn gak macet….pasti byk yg beli tata nano…tp dgn catatan udh pd disampaikan diatas..kayak suku cadang, kwalitas mesin, purna jual…dlll,

    Semoga bisa menggoyang merk mapan yg sulit dijangkau kaum menengah bawah…, bravo tata nano….kapan release…

    Friday, May 1, 2009 at 7:13 am | Permalink
  54. udhyNo Gravatar wrote:

    kapan y masuk di indo, dah cape’ nih naik motor trus mana panas lagi. Moga-moga cepat masuk ke indo dan onderdilnya mudah didapat. Bravo tata nano kita tunggu di Makassar.

    Friday, May 8, 2009 at 12:21 am | Permalink
  55. sondarieNo Gravatar wrote:

    hmm, kepengen banget nich, kira2 belinya lewat mana ya? dealernya dimana? bisa diinfoin kalo dach ada?
    tapi sparepartnya kira2 gimana? susah ga carinya? jangan-jangan….

    cheers.

    Saturday, May 9, 2009 at 8:28 am | Permalink
  56. MugoNo Gravatar wrote:

    ya udah cepatin aja ke indonesia, kalau uda di indonesia langsung kirim ke RIAU ya, karna penggemar tata nano di riau banyak banget ni, termasuk gue

    cepat ya TATA NANO…………………..

    Sunday, May 10, 2009 at 6:07 am | Permalink
  57. jaluNo Gravatar wrote:

    Cepetan donk PEMERINTAH kasih izinnya, tos teu sabar yeuh ngantosanna. Biar yang pake motor bisa ngerasain pake mobil, trus “meh teu ka tiisan wae -reumatik-”

    Wednesday, May 13, 2009 at 1:42 pm | Permalink
  58. DarkAngelzNo Gravatar wrote:

    Temen2 semua, ada kabar bagus dai Gaikindo, awal Juni mendatang TATA NANO akan masuk ke Indonesia, pertama akan dipasarkan dulu di Jakarta baru ke daerah2 sekitarnya sekitar 1 bulan kemudian, namun setelah masuk ke indonesia, pihak automotive Indonesia akan mengganti nama TATA NANO… menjadi……………………………………………………………………

    TATA DADO…

    ; P ….. peace…..

    Thursday, May 14, 2009 at 9:52 am | Permalink
  59. antieNo Gravatar wrote:

    Ayo dong.. kapan nich dikeluarin di Indonesia? dah ga sabar nich..

    Friday, May 15, 2009 at 2:19 am | Permalink
  60. bambang iswantoNo Gravatar wrote:

    Saya sudah cape masuk angin terus lantaran naik motor terus kapan lagi dapat naik mobil pribadi seperti tata nano gitu lho.

    Monday, June 1, 2009 at 1:40 am | Permalink
  61. Ronny MugaraNo Gravatar wrote:

    Wah…oke abis nich, kira2 kapan ya mobil Tata Nano bs ke Indonesia?moga2 aja ngga trlalu lama lg dah datang. Khan lumayan bisa bepergian sama keluarga, biar nga kehujanan n kepanasan.

    Tuesday, June 2, 2009 at 12:57 am | Permalink
  62. rismaNo Gravatar wrote:

    tata nano kapan ke indo…. jgn lupa ke bali ya….. banyak yg menunggu dirimu…..

    Tuesday, June 2, 2009 at 11:28 am | Permalink
  63. nikitaNo Gravatar wrote:

    kpn ya sampe ke indonesia biar bs niki pk di madura.kbrin jg dong kpn kluarnya da ga sabar sama kyak yg laennya

    Tuesday, June 9, 2009 at 3:01 pm | Permalink
  64. ElviNo Gravatar wrote:

    Kpn ya……. ???? Tatanano masuk ke Palembang, atau sekarang belum ya masuk ke indonesia

    Friday, June 12, 2009 at 6:46 am | Permalink
  65. MIMINo Gravatar wrote:

    Saya semakin prihatin membaca semua komentar/harapan di atas. Artinya rakyat bperlu banget tapi kenapa negara kita yang kaya material alam dan banyak tenaga kerja manusia tidak bisa berinisiatif memproduksi mobil rakyat sendiri. Padahal kalo diabanding india kita tidak kalah dalam hal ini: kekayaan alam dan sumber daya manusianya. Apalagi dibanding malaysia, tapi malaysia hampir semua rakyatnya (yang kelas bawah sekalipun) memiliki mobil sendiri (buatan proton dan perodua yang memang dikhususkan sebagai mobil rakyat.

    Bisakah kita berinisiatif dari sekarang?

    Monday, June 15, 2009 at 9:20 am | Permalink
  66. aryNo Gravatar wrote:

    Para Punggawa yang sudah kasih pendapat utk TATA NANO cepat datang di indonesia, beli, pesan, diatas kurang pas semua,,masih ingat kijang inova yang di jepang harganya 40 jt sampai indonesia berapa di atas 200jt, BEGITU JUGA TATA NANO kalau di india 25 juta pastinya di indonesia 75 jtan di lihat pajaknya, biaya pengirimannya, fiskalnya,,dan utk biaya lainya,,,BEGITU YA REKAN2,,,

    Thursday, June 18, 2009 at 1:56 am | Permalink
  67. bob sadinoNo Gravatar wrote:

    wah saya sudah tak sabar ingin mengendarai tata nano keliling rumah saya .

    Monday, June 29, 2009 at 10:48 am | Permalink
  68. doniNo Gravatar wrote:

    ya semoga kehadiran tata nano dengan mobil mininya bisa membantu masalah transportasi dikalangan mahasiswa..tapi perlu diperhatikan kualitas dari suku cadang dan kualitas produk yang harus diutamakan..kita berinvestasi untuk jangka panjang bukan untuk jangka pendek..sukses tata nano, mudah- mudahan ini sebagai motivasi untuk Indonesia ku..Ayo Indonesia-ku tunjukan kalo kita juga mampu….produk “ESEMKA” tunjukan kalo kita juga bisa..

    Monday, June 29, 2009 at 7:13 pm | Permalink
  69. ianNo Gravatar wrote:

    kpan masuk indo,,,,,,,,,,
    khusus nya jambi ,,,,
    ayah q pkek karimun estilo q juga ga’ mw kalah ah,,,,
    q pkek tata nano kan mirip2 juga,,,,,,,,,,,,
    cpat ya masukin indo

    Wednesday, July 1, 2009 at 3:52 am | Permalink
  70. daelimNo Gravatar wrote:

    ngapain beli dari india. kemana nich enginer indonesia. malu dong tiap tahun ngluarin sarjana. tapi nga bisa buat mobil kayak gituan. buat avanza, APV aja bisa ko lulusan sma. tapi jadi kulinya kacian deh indonesia. menjadi buruh di negeri sendiri. klo saya boleh saran nich. sarjana indonesia belajar ama orang jepang dong. dikarawang di bekasi. tuh ada merk mobil toyota suziki yang produksi mobil. mending nga usah lulus dah jadi sarjana klo cuma jadi kuli aja. he he he he aku jadi malu juga.

    Thursday, July 9, 2009 at 3:25 am | Permalink
  71. andie skin azizNo Gravatar wrote:

    mau banget, kapan keluar di indonesia?cepetan dong, ta….!

    Tuesday, July 21, 2009 at 8:12 am | Permalink
  72. andie skin azizNo Gravatar wrote:

    mau!

    Tuesday, July 21, 2009 at 8:14 am | Permalink
  73. blonkNo Gravatar wrote:

    biar pabrikan lain bisa mikirin kita-kitaan yang pas2an moga ada yang lebih murah dari si nano minimal sama harganya

    Saturday, July 25, 2009 at 2:40 pm | Permalink
  74. AryoNo Gravatar wrote:

    Kpn ne dtg k mataram..???
    Istri q dh pengen banget punya mobil,,
    capek naik mtor trs..
    hehe..

    Thursday, July 30, 2009 at 1:15 pm | Permalink
  75. DwiNo Gravatar wrote:

    Harusnya Indonesia Maluu…..Knp g\’ Bisa kaya India….!!!
    Ada yg salah gak ya…..

    Monday, August 3, 2009 at 9:11 am | Permalink
  76. OctaNo Gravatar wrote:

    kalau mau pesan skrg dmn mana yach….? ada yang tau? soal sy pernah liat tata nano sdh beredar di sekitar bintaro, brarti sdh ada bs pesan atau impor langsung.. bs ks tau jalurnya gak..?

    Wednesday, August 19, 2009 at 2:05 am | Permalink
  77. hardi hermawanNo Gravatar wrote:

    saya orang pertama yang akan memasarkannya,soalnya saya marketer hi,oke di tunggu kedatangganya,pesan buat menperindag cepat bikin mou dengan india soalnya rakyat indonesia pingin mobil yang ekonomis,keren,berkualitas tapi harga miring habis.

    Tuesday, September 15, 2009 at 1:58 pm | Permalink
  78. heriNo Gravatar wrote:

    INGAT BRO….JAngan Senang Dulu… Sebab, kalau dikirim ke Indonesia, kemudian kena pajak dan sebagainya, har ga Nano bisa Rp 60 juta. Itu pun nggak ada apa-apanya, nggak ada AC, bahan dari plastik, masuk jalan berlobang lang sung bunyi-bunyi,”

    Thursday, September 24, 2009 at 3:59 am | Permalink
  79. ruddy bogor...No Gravatar wrote:

    kalo udah masuk ke indo kasih tau saya saya mau beli…saya berharap banget…nich….

    Tuesday, September 29, 2009 at 10:39 pm | Permalink
  80. dadangNo Gravatar wrote:

    jadi ga sih masuk ke indonesia?? kapaan?

    Monday, October 26, 2009 at 3:52 am | Permalink
  81. adminNo Gravatar wrote:

    gak tahu boss kapan datang ke indo

    Friday, October 30, 2009 at 11:19 am | Permalink
  82. BOBYNo Gravatar wrote:

    aduh gawat!!!… pedagang mobil kayak kita bisa gulung tikar……kudu loncat cari bisnis lain nih….

    Sunday, November 1, 2009 at 5:24 pm | Permalink
  83. DartoNo Gravatar wrote:

    Kapaan ya ada showroom nya di Serang, Jangan cuma di Jakarta aja

    Wednesday, November 11, 2009 at 1:00 am | Permalink
  84. DartoNo Gravatar wrote:

    Kapaan ya ada showroom nya di Serang, Jangan cuma di Jakarta aja
    pesen aah satu………….

    Wednesday, November 11, 2009 at 1:03 am | Permalink
  85. fataNo Gravatar wrote:

    kpan dtngnya nih, ditunggu di lampung pkoknya…

    Friday, November 13, 2009 at 9:09 am | Permalink
  86. Toudano KoyaNo Gravatar wrote:

    Sudah setahun sejak pelunjurannya. Tidak ada tanggapan juga dari pemerintah untuk merealisasikan keinginan KEDUBES INDIA untuk memperoleh perijinan masuk TATA NANO, Ke Indonesia.
    Ayo prosses terus ssssss…..
    Dan ini juga pemasukan Negara….
    Untuk masyarakat Kecil kebawah yang mungkin dulunya naik Motor boleh merasakan naik mobil yang aman dan terjangkau…..

    Peace Koya

    Sunday, December 6, 2009 at 1:16 pm | Permalink
  87. Agus IndonesiaNo Gravatar wrote:

    Kayaknya gak bakal terwujud soalnya pemerintah lebih banyak untungnya import mobil dari jepang, BUKTINYA mobil nasional ngak jadi diwujudkan, hanya omong kosong, takut kehilangan bisnis sampingan dari produsen mobil yang bonafid.

    Susah jadi rakyat kecil di Indonesia, padahal gue cari duitnya halal, bukan dengan hasil korupsi dan mark up harga dimana-mana. Biar keliahatan kaya pake mobil mahal2, padahal hasil korupsi dan mark up. Tak tau malu…

    Tuesday, December 8, 2009 at 5:49 am | Permalink
  88. muhamad ma'munNo Gravatar wrote:

    gue pesen atu nehh ………………………….

    Thursday, December 10, 2009 at 2:55 pm | Permalink
  89. gandungNo Gravatar wrote:

    pajaknya impor 200%, PPn BM 200% +protes pengusaha otomotif + bea meri dan iri hati = Imposible cos masih banyak yang RAKUS

    Wednesday, December 23, 2009 at 1:49 am | Permalink
  90. YOSYNo Gravatar wrote:

    Nggak mungkin masuk indonesia dgn harga segitu, pemerintah indonesia paling doyan pajak. Paling kalo masuk harganya jadi 50 jutaan….. mimpi kali ya punya mobil murah….????

    Wednesday, December 23, 2009 at 8:01 am | Permalink
  91. Tata DadoNo Gravatar wrote:

    G pesen 1 jg deh….. Denger2 paling cepet thn 2011 baru bisa dipasarin di sini. Amin……

    Wednesday, December 23, 2009 at 12:44 pm | Permalink
  92. wawaNo Gravatar wrote:

    hallo mas amin hidayaat yang punya blog ini,tolong dong ente forward komentar2 dari teman2 diatas kepada pihak2 yang menurut ente dapat mewujud kan keinginan dari teman2 kita ini.kelihatanya udah lebih dari setahun dari posting komentar pertama ampe skarang kayak nya gak ada perkembangan yang berati mengenai si TATA ini,sebab ane yakin nih mobil banyak banget peminatnya.

    Thursday, December 24, 2009 at 11:57 am | Permalink
  93. PriyoNo Gravatar wrote:

    Buat Pak SBY: tolong beri kesempatan TATA NANO.
    Impactnya positif:
    - Pengguna motor “yang umumnya arogan” dan penimbul kecelakaan terbanyak akan berganti mobil TATA NANO
    - Sehingga jumlah motor yang arogan berkurang
    - lalu lintas relatif tertib (gak bisa salip kanan kiri).
    - Ekonomi masyarakat jadi tambah maju.
    - LANJUTKAN, sesuai visi anda pak SBY.
    - Didukung mayoritas rakyat jelata.
    - Terima kasih banyak.

    Saturday, January 2, 2010 at 6:15 am | Permalink
  94. eddoNo Gravatar wrote:

    wah ini bisa buat perubahan besar dalam dunia otomotif, bnyk orang yg beralih dr naik spd motor ke mobil super murah, dilihat modelnya juga bagus dan menawan, sukses yah buat perancang’a, smoga para produsen lain bisa berfikir ulang. Di tunggu yach…kedatanganmu ” Tata Nano .”

    Friday, January 15, 2010 at 10:16 pm | Permalink
  95. nungNo Gravatar wrote:

    =)

    Sunday, January 31, 2010 at 4:23 pm | Permalink
  96. nungNo Gravatar wrote:

    kalo di indonesia udah ada, kabarin ke email aku yahh….
    thanks =)

    Sunday, January 31, 2010 at 4:24 pm | Permalink
  97. peminatNo Gravatar wrote:

    ha.ha.ha… dah berapa tahun sejak artikel ini diposting mobilnya belum mucul juga? ah.. munkin qta hanya bisa ngimpi aja nih ngarep ni mobiL….
    dream on man…

    Friday, February 5, 2010 at 11:35 am | Permalink
  98. cimaNo Gravatar wrote:

    mauuu dund…
    Kapan datangnya???

    Saturday, February 6, 2010 at 5:02 am | Permalink
  99. putriNo Gravatar wrote:

    WAAAH MAUUUU!! langsung gw beli deh ini mobil pas launching… :))

    ditungguuu…. jadi pengguna motor mga terlalu banyaaakk…

    AYO DOOONG, IZIN NYA CEPET DI URUSIINN…!
    thanks all.. :)

    Sunday, February 14, 2010 at 2:00 am | Permalink
  100. tomiNo Gravatar wrote:

    URGENT :
    Inilah pertanda kiamat kecil alias bencana nasional akan segera terjadi di jalan raya khususnya di jakarta atau kota besar, pastilah jalanan macet total. Cpba masyarakat semua pikirkan dng jernih apa solusi untuk menghindari kemacetan tapi rakyat bisa beli mobil murah

    Wednesday, February 17, 2010 at 1:25 pm | Permalink
  101. yantiNo Gravatar wrote:

    wah….
    enak nich kalo ada mobil yang murah…
    bener nich cepatan launching donk….
    udah gak sabar lagi…

    Thursday, February 18, 2010 at 9:07 am | Permalink
  102. ArjunaNo Gravatar wrote:

    solusi buat rakyat kecil yg pingin punya mobil…..kalau masuk indonesia ya kalau bisa jangan dipajakin tinggi dong nanti jadinya nggak mobil murah lagi….lumayan kan buat ngantri BLT pakai mobil…he…he..he….

    Tuesday, February 23, 2010 at 4:07 am | Permalink
  103. Toni Biri-biriNo Gravatar wrote:

    Mobil kecil perawatan lebih murah, cocok untuk sehari2, yang mahal di garasi saja.

    Friday, February 26, 2010 at 6:35 am | Permalink
  104. mbah BejoNo Gravatar wrote:

    ONO REGO ONO RUPO (ada harga ada rupa ) jangan terlalu nafsu dulu, memang untuk ukuran mobil baru harga segitu sangatlah murah. Tapi bandingkan juga uang yg kita keluarkan dengan barang/fasilitas dari mobil itu yg kita dapatkan. kemarin sekilas liat di TV itu mobil aslinya ga ada AC+Tape. Tapi penasaran juga pengin liat. Buat pemerintah jadikan ini perhatian…! kapan industri otomotif nasional bangkit. Motor India dah masuk, mobil India bentar lagi masuk. Ayo BANGKIT…..!!!

    Friday, February 26, 2010 at 5:39 pm | Permalink
  105. agus.isNo Gravatar wrote:

    ini kesempatan bagi rakyat kecil untuk memiliki mobil murah…….dan jangan orang-orang kaya aja yang bisa memiliki mobil……..semoga pemerintah indonesia tdk manaiki pajak yang tinggi agar oarang-oarang yang berpenghasilan menangah bisa memiliki mobil yang murah

    Saturday, February 27, 2010 at 1:20 am | Permalink
  106. julioNo Gravatar wrote:

    gimana sih departemen perindustrian indonesia “lemoot banget” mobil murah-gak di terima dengan cepat……………………….
    masyarakat ekonomi menengah kebawah pada kecewa niih…..
    yang ingin ngrasaain punya mobil baru dengan bajaj sedikit……………….
    saya mohon pemerintahan kabinet indonesia bersatu jilid 2 agar lebih tanggap apabila ada tawaran yang bisa membuat masyarakat bahagia…………….

    Wednesday, March 3, 2010 at 6:14 am | Permalink
  107. Ade bernyawaNo Gravatar wrote:

    harga boleh murah…
    tapi,
    jangan melalaikan unsur keamanan dan ketahanan…
    nti akhirnya malah jd mahal…

    maklum juga sih..
    namanya juga barang murah..

    Saturday, March 13, 2010 at 1:47 am | Permalink
  108. gengongNo Gravatar wrote:

    kapan don……g mobilnya masuk ke indonesia ,di tunggu…….nich

    Saturday, March 20, 2010 at 7:32 am | Permalink
  109. rhenizt riniNo Gravatar wrote:

    hikss… udah ada d makassar blm?? mw bangeeettt..

    Friday, March 26, 2010 at 1:08 pm | Permalink
  110. dewiNo Gravatar wrote:

    WEW keren bgd mobil nya aq mauuu

    Monday, April 5, 2010 at 5:51 am | Permalink
  111. agnes erni ekawatiNo Gravatar wrote:

    ya harus ad mobil yang harga murah masa cuma or kaya yg bsa naik mobil tata nano ditugu ya di KALTIM……

    Tuesday, April 6, 2010 at 4:20 am | Permalink
  112. mulyonoNo Gravatar wrote:

    Selamat buat NANO yang telah memproduksi mobil murah dan semoga mendapat respon dari pemerintah indonesia untuk segera memberi peluang kepada produsen agar segera masuk ke pasaran di indonesia.Karena bagi kami yang berpenghasilan menengah ke bawah sangat mengharapkan hal tsb.dan kalau sudah masuk pasaran indonesia mungkin saya yang inden no.1.

    Demikian tks.

    Wednesday, April 7, 2010 at 2:43 am | Permalink
  113. WONG GENDENGNo Gravatar wrote:

    TATA NANO GAK MUNGKIN MASUK KE INDONESIA KRN PEMERINTAH DAN KRONI2XNYA MEMANG GAK NIAT ………….. JADI RAKYAT KECIL KAYAK KITA SELAMANYA GAK BAKAL BISA NAIK MOBIL SENDIRI MESKIPUN MURAHH KRN GAK AKAN TERJADI DI INDONESIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………………

    Friday, April 9, 2010 at 4:22 pm | Permalink
  114. yahyaNo Gravatar wrote:

    Kalau si kecil “nano” di indonesia benar-benar launching, pasti peminat motor berkurang , pada ambil si nano dengan harga terjangkau lah, gak kehujananan . Dari pada beli tiger , muatnya dikit end kehujanan lagi. Tolong di percepat launchingnya. thanks.

    Thursday, April 15, 2010 at 4:13 am | Permalink
  115. ManseNo Gravatar wrote:

    Ni orang sibuk mikirin kpn tata masuk indonesia, untuk saat ini mimpi kaleee..
    kr byr pajaknya kecil, jd ga ada masukan buat org pajak.. gitu!

    Wednesday, April 21, 2010 at 1:10 am | Permalink
  116. sandyNo Gravatar wrote:

    aduh gk nahan pgn cpt\" bisa pake tu mbim ^_*

    Friday, April 23, 2010 at 8:09 am | Permalink
  117. linda damayantiNo Gravatar wrote:

    departemen peindustrian dan perdagangan usahakan sebelum lebaran atau minimal pas bulan puasa mobil tata nano yang murah ini udah bisa kita beli, lumayan buat mudik ga perlu pake motor lagi, aman dan murah buat keluarga. Pemerintah Republik Indonesia cobalah tahun 2010 berpihak kepada rakyat kecil yang ingin merasakan kenyamanan bersama keluarga dengan mudik menggunakan tata nano.Pak SBY cepat realisasikan ya, dampaknya positif banget buat rakyat kecil kaya kita, Hidup SBY dech!!!!

    Friday, April 23, 2010 at 8:22 am | Permalink
  118. nandaNo Gravatar wrote:

    kek a ga bakalan bs msuk indonesia….pemerintah kurang respons!!skalipun msuk psti harga a jd lbh tinggi.

    Saturday, April 24, 2010 at 8:34 am | Permalink
  119. nandaNo Gravatar wrote:

    kpan ya indonesia bs pnya mobil murah tp brkualitas kek nano ini?impian ku bgt!!!!!!!!!klo kancil aku kurang sreg al a desain n mesin a kek rapuh gitu….cc a jg kecil bgt…

    Saturday, April 24, 2010 at 8:39 am | Permalink
  120. Cuma SayangNo Gravatar wrote:

    Cuma sayang…..Tata Nano paling murah harga jualnya mencapai Rp 45 juta atau Rp 50 juta per mobil jika dipasarkan di indonesia. Menurut Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin Budi Darmadi, untuk memasukkan mobil ke Indonesia bakal kena sejumlah pos pajak dan bea masuk. Pertama bea masuk yang nilainya mencapai 45 persen, kemudian PPN sebesar 10 persen, PPh impor sebesar 2,5 persen, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPnBM (pajak penjualan barang mewah) dengan ukuran kapasitas mesin sekitar 600 cc, Nano bakal dikenai PPnBM sekitar 10 persen. Itu dari sisi perpajakannya saja, kemudian ditambah lagi handling cost untuk membawa Nano dari India ke Indonesia, biaya distribusi, keuntungan untuk dealer.

    Monday, May 3, 2010 at 6:45 pm | Permalink
  121. jajarNo Gravatar wrote:

    Untuk keluarga kecil cocok banget nih, pasti garasinya juga ga perlu besar, kapan sampai ke Indonesia ku tunggu nih

    Wednesday, May 5, 2010 at 5:54 am | Permalink
  122. ayuNo Gravatar wrote:

    ni yang punya blog kmna? kuk yang komen skian banyak orang tpi cm dua kali aja dtanggepin?

    Friday, May 7, 2010 at 3:49 am | Permalink
  123. AgiNo Gravatar wrote:

    Saya berminat dan ingin memiliki,,,kapan masuk ke indonesia..?
    cptan donk…
    uda pingin make ne…
    di Prov.Kepri duluan y masuknya..
    kan dket spore n malaysia…?
    :)

    Friday, May 7, 2010 at 6:00 am | Permalink
  124. rujito,ssNo Gravatar wrote:

    wah murah bener nih,tlng kabarin kl dah nyampe indonesia ya

    Saturday, May 8, 2010 at 2:43 am | Permalink
  125. HardimanNo Gravatar wrote:

    Show Room di Jakarta dimana ???…. sy siap pesan …, buruan ke indonesia………………Tks

    Saturday, May 8, 2010 at 3:28 am | Permalink
  126. CS Org SundaNo Gravatar wrote:

    Mobil Seken kan rata-rata udh pd dirusakin ma yang jualnya, apalagi kalo mblnya udh nongkrong di showroom, wah abis dah accessoriesnya pada dicopoting smuanya, kacau dunia showroom Indonesia, ada accesoriesnya dari pemiliknya yg sengaja jual ke showroom krn butuh duit, eh gk dicopot malah harganya dibikin sinting. Mending tunggu Tata Nano aja, betul banget, seharga motor Tiger, lebih murah daripada Ninja yg masih kena hujan. Asik.. berdoa agar Tata Nano cpt sampai ke Indonesia.

    Sunday, May 9, 2010 at 12:18 am | Permalink
  127. koswaraNo Gravatar wrote:

    Luar biasa, kalo masuk ke Indonesia, rencananya saya mau beli juga, untuk anakku gadisku, dari pada saya belikan motor yang resikonya sangat besar. OK, Mohon Dept Peridustrian membuka pasar untuk Tata Nano.

    Tuesday, May 11, 2010 at 2:40 am | Permalink
  128. ayuNo Gravatar wrote:

    aduuuuhh,,,cepetan dataaang,,, pengen banget neeech,,, boleh gak dapet infonya dikirim ke email aku buat kedatangannya di indonesia….

    Monday, May 17, 2010 at 8:54 am | Permalink
  129. effiNo Gravatar wrote:

    imut bgt mobilnya…moga aja pas masuk ke Indonesia harganya ga naik 2 kali lipat…Tolong diinfokan ke email ya kalo mobil ini sudah ready di Indonesia…..

    Monday, May 17, 2010 at 9:01 am | Permalink
  130. kozawaNo Gravatar wrote:

    wach….seneng sih, tp pasti harganya gk segitu pasti lebih mahal, yach lumayan lah…gk kehujanan dan gk kepanasan, tp kira2 untuk perjalanan jauh tahan gk y..dn ada bengkel resminya gk di lampung, maunya sih ada supaya lebih mudah….sy doakan semoga dilampung juga diadakan showroom penjualan, spart part dan bengkel resminya. untuk suku cadang jng mahal2 dan mudah untuk didapatkan dimn2

    Wednesday, May 19, 2010 at 12:50 am | Permalink
  131. yoszyNo Gravatar wrote:

    Wahh, klo smua orng pada mao beli,,
    gmn tar jalan raya???
    tambah macet pastinya en tmbah rumit
    skrng aja mobil msh mahal, jalanan udah kyk gtu
    ditambah datengnya mobil murah semacam TATA, jalanan bisa sesak kali’
    aplg orng2 yg kalangan atas (borjuis)
    satu klrga bsa pnya 4-5 unit nih mobil, mngkn bsa lebih..
    ckckckck…. gk bisa bayangin apa jdinya jalan raya NKRI klo nih mobil jd dateng..

    Wednesday, May 19, 2010 at 4:47 pm | Permalink
  132. clarabellaNo Gravatar wrote:

    uda berapa tahun berlalu, masi belum ada juga tanda-tanda kalo bakal segera dipasarkan di indonesia… payah nih… :(

    Wednesday, May 26, 2010 at 6:17 am | Permalink
  133. lukydwisaputraNo Gravatar wrote:

    ayolah tata nano masuk ke indonesia … kira kira beban pajak bea cukai ngeberatin harga mobil termurah mobil ini g ya? kl mau order ke websitenya langsung gmana ?

    Saturday, May 29, 2010 at 10:44 am | Permalink
  134. agusNo Gravatar wrote:

    Ayo cepetan donk datang ke indonesia… sy rindu banget mobil seperti ini, so pasti bisa ngirit bbm jadi subsidi bbm gak perlu diributin lagi coy…
    tolong pemerintah sambut donk mobil kayak gini.
    kasihan donk kami-kami sudah punya anak 2 masih kecil-kecil lagi dibawa naik motor terus kena angin kena hujan terus kasihan…
    buktikan pemerintah peduli wong cilik…

    Sunday, May 30, 2010 at 1:56 pm | Permalink
  135. SuRyANTONo Gravatar wrote:

    SuPAyA TATA NANO SEGERA DIPASARKAN DI INDONESIA. DAN SAyA SIAP JADI DISTRIBuTOR TATA NANO. SEBAB MOBIL TSB MOBILNyA WONG CILIK, SBB MuRAh MERIAh. DAN SAyA SANGAT MENDuKuNG WONG CILIK DAN MOBIL TATA NANO. SuRyANTO Alamat Suku.01 Panaragan Jaya utama Kec. TB.Tengah Kab. Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung 34593 CP.0815 – 40029028

    Tuesday, June 1, 2010 at 4:51 pm | Permalink
  136. erangNo Gravatar wrote:

    masuk indonesia kurang lebih 50 jutaan …..jadi nggak murah lagi…..

    Tuesday, June 8, 2010 at 6:52 am | Permalink
  137. mukiyoNo Gravatar wrote:

    mbel gedes bablass ssss sssss . . . . angine mulai 2008 s/d sekarang gak muncul-muncul . . . tunggu sp 2012 kIAmA a A t ttt . . . .

    Wednesday, June 9, 2010 at 8:13 am | Permalink
  138. wong gantengNo Gravatar wrote:

    oke juga nih mobil.. cocok buat jalan2 di kota.., irit dan rendah polusi…
    kapan nih mulai masuk ke indonesia..??

    Monday, July 19, 2010 at 2:49 am | Permalink
  139. T RNo Gravatar wrote:

    g jadi kredit motor…

    Tuesday, July 27, 2010 at 7:53 am | Permalink
  140. indraNo Gravatar wrote:

    Kabrnya kemaren april 2009 mau masuk… tapi koq ampe skr lom masuk2 juga negh mobil, mau di tanya ke sapa ya yang tau maslah ini.. udan tahun 2010 gak ada berita nya

    ak pengen bgt negh mobil, gpp dech gw jual my new vixion demi mobil ini. yang notabenya gak kena hujan dan hemat. biar kecil tapi adem… heuheuhe gak sabar gak sabar… gak sabar, gak sabar

    datanglah wahai TATO NANO ak tunggu kehadiranmu ^_^

    Wednesday, July 28, 2010 at 3:13 am | Permalink
  141. johannesNo Gravatar wrote:

    CEPATLAH DTG Nya biar ku beli…

    Wednesday, July 28, 2010 at 5:04 am | Permalink
  142. YanNo Gravatar wrote:

    Pemerintah di India aja mikirin rakyatnya dengan merestui mobil murah, knapa kita Indonesia gak bisa…. indonesia bisanya ngasih pajak melulu… kapan rakyat makmur ya…

    Thursday, July 29, 2010 at 8:35 am | Permalink
  143. rhian fikrhiNo Gravatar wrote:

    weleh weleh laama kalie nie mobil d\\\\\\\’tank ke INDONESIA tercinta ,kira kira d\\\\\\\’tank x 2010 kah klo iya buru buru nabung nihhh ^_^

    Sunday, September 26, 2010 at 2:48 am | Permalink
  144. InnayahNo Gravatar wrote:

    kapan y keluarnya?? enak dong dgn harga segitu aq bs beli mobil gres bkn second…… ayo teman2 kita bgeli mobil ini… semangat… I Love you tata nano

    Monday, September 27, 2010 at 5:01 am | Permalink
  145. senoNo Gravatar wrote:

    Alhamdulillah mobil murah dan manis sudah ada, harga terjangkau… Kapan ya INDONESIA bisa bikin mobil seperti Tata Nano ( MASAK BISANYA DEMO,BERTENGKAR DAN KORUPSI AJA YANG DIURUSI )… PAK SBY bangkitkan produk2 OTOMOTIF INDONESIA.

    Tuesday, September 28, 2010 at 7:55 am | Permalink
  146. Agus SadtomoNo Gravatar wrote:

    lebih cepat datang ke indonesia lebih baik lanjutkan dan yang terpenting pajak produksinya gak mahal bea masuk juga gak mahal agar harga NANO terjangkau untuk rakyat kecil cepatan didatangkan saya nih skrg masih naik motor keujanan lebih baik beli NANO harga murah terjangkau

    Thursday, September 30, 2010 at 9:52 am | Permalink
  147. AdeNo Gravatar wrote:

    Wah kapan nih keluarnya , lumayan daripada naek motor kehujanan.
    Berminat bangeet..

    Sunday, October 3, 2010 at 4:06 pm | Permalink
  148. LedosNo Gravatar wrote:

    Kalo mobil itu udah ada dijual di indonesia, mobil lama aku yg seharga 180 jt aku jual, dijadiin kurang lebih empat buah, TATA NANO, kebetulan aku punya keluarga yang sudah waktunya utk punya kendaraan sendiri, yg gak kehujanan.

    Wednesday, June 1, 2011 at 9:18 am | Permalink
  149. freddyNo Gravatar wrote:

    Orang Indonesia orang kaya semua sih, jadi ngga dikeluarin ini mobil.. Padahal gua ingin juga punya mobil :’( hik :’( hik :’( hik :’( hik :’(

    Saturday, June 4, 2011 at 1:38 pm | Permalink
  150. Thijs RoosjenNo Gravatar wrote:

    To @ll Tata Nano is coming, tetapi tidak semurah kami harap..

    Kami akan tes mobil waktu dekat di Indonesia, tetapi semua tergantung izin dan uji coba tipe.

    importer untuk indonesia ROTH-HD di Bogor.

    Wednesday, June 8, 2011 at 3:44 am | Permalink
  151. JudasNo Gravatar wrote:

    carpak!! Ndi smpek 2011 g onok! Gorooo tok!

    Friday, June 10, 2011 at 2:46 am | Permalink
  152. bambang iswantoNo Gravatar wrote:

    Ibu dan Bapak Menteri RI Yth kalau Tata Nano masuk ke Indonesia pajaknya jangan mahal-mahal agar rakyat bisa kejangkau transportasinya karena rakyat sudah dibuat pusing oleh angkot yang beritanya memperkosa terus kepada yang lemah dan lengah dan sudah bosan naik angkot atau fasilitasi mobil Sekolah kejuruan yang dipakai juga oleh pejabat Nagara Bapak Wali kota Solo yang paling aku kagumi dan tresnani karena mau memakai mobil buatan Sekolah kejuruan saya acungin jempol pak semoga pemerintah dapat membantu risetnya lebih baik lagi terima kasih.

    Friday, January 6, 2012 at 1:27 am | Permalink

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
*
*


one × = 2